Raja Solomo dan Nabi Sulaeman

Cerita tentang Sulaiman ditulis di dalam Alquran dan tersebar dalam empat surat, yaitu: Surat ke-2 Al-Baqarah ayat 102, Surat ke-27 An-Naml ayat 15-44, Surat ke-34 Saba’ ayat 12-14, dan Surat ke-38 Shad ayat 30-44. Muhammad mengatakan bahwa Alquran adalah kata-kata Allah dan umat Islam percaya bahwa isi Alquran adalah ucapan Allah. Untuk melihat apakah benar isi Alquran terutama yang mengenai kisah Salaiman sungguh-sungguh berasal dari Allah mari kita banding apa yang tertulis di dalam Alquran dengan kisah hidup raja Salomo yang ditulis oleh orang Yahudi di dalam Alkitab.

Surat ke-2 : 102
Dan mereka mengikuti apa yang dibaca oleh setan-setan pada masa Kerajaan Sulaeman (dan mereka mengatakan bahwa Sulaeman itu mengerjakan sihir), padahal Sulaeman tidak kafir (mengerjakan sihir). Mereka mengabarkan sihir kepada manusia dan apa yang diturunkan kepada dua malaikat di negeri Babil yaitu Harut dan Marut, sedang keduanya tidak mengajarkan (sesuatu) kepada seorang pun sebelum mengatakan, “Sesungguhnya kami hanya cobaan (bagimu), sebab itu janganlah kamu kafir.”
Maka mereka memperlajari dari kedua malaikat itu apa yang dengan sihir itu, mereka dapat menceraikan antara seorang (suami) dengan istrinya. Dan mereka itu (ahli sihir) tidak memberi mudarat dengan sihirnya kepada seorang pun kecuali dengan izin Allah. Dan mereka mempelajari sesuatu yang memberi mudarat kepadanya dan tidak memberi manfaat. Demi, sesungguhnya mereka telah meyakini bahwa barang siapa yang menukarnya (Kitab Allah) dengan sihir itu, tiadalah baginya keuntungan di akhirat, dan amat jahatlah perbuatan mereka menjual dirinya dengan sihir, kalau mereka mengetahui.
Kisah Salomo yang ditulis orang Yahudi tidak menyinggung sama sekali tentang setan dan pada jaman itu tampaknya bangsa Israel tidak mengenal setan. Jika mereka mendapat kesusahan mereka tidak menuduh bahwa kesusuahan itu karena ulah setan tetapi mereka percaya bahwa kesususahan yang harus mereka hadapi adalah perbuatan Tuhan, yang marah karena mereka melakukan kesalahan kepada Tuhan. Dan tidak disebut sama sekali tentang sihir dan pandangan tentang sihir juga tidak ada di dalam pemikiran orang Israel pada waktu itu karena semua keajaiban yang mereka saksikan dan rasakan, mereka percaya berasal dari Allah sebagai himat dari perbuatan mereka yang setia kepada Allah.
Alquran juga menyebut kata kafir yang sebenarnya tidak asing bagi bangsa Israel. Menurut orang Israel, mereka yang tidak bersunat dan bukan orang Israel adalah kafir. Ada beberapa kata kafir ditulis di dalam Alkitab baik di dalam Perjanjian Baru maupun di dalam Perjanjian Lama. Tetapi khusus di dalam kisah Salomo yang ditulis di dalam Alkitab tidak ada satu pun kata kafir yang disebut dan hubungan Salomo dengan orang asing sangat baik, hal itu mudah dilihat bahwa mereka yang dilibatkan dalam pembangunan Bait Suci dan Istana Salomo kebanyakan adalah orang asing yang dalam istilah orang Israel adalah bangsa kafir. Demikian juga pandangan Salomo tentang orang kafir sangat bersahabat dan bisa dilihat pada doa Salomo kepada Tuhan setelah tabut perjanjian dimasukkan ke dalam Bait Suci, yang mengharapkan agar Allah Israel juga mau mendengarkan doa orang asing.

Surat ke-27 : 15-22
Dan sesungguhnya Kami telah memberi ilmu kepada Daud dan Sulaeman; dan keduanya mengucapkan, “Segala puji bagi Allah yang melebihkan kami dari kebanyakan hamba-hamba-nya yang beriman.”
Dan Sulaeman telah mewarisi Daud, dan dia berkata, “Hai manusia, kami telah diberi pengertian tentang suara burung dan kami diberi segala sesuatu. Sesungguhnya (semua) ini benar-benar suatu karunia yang nyata.”
Dan dihimpunkan untuk Sulaeman tentaranya dari jin, manusia, dan burung lalu mereka itu diatur dengan tertib (dalam barisan). Hingga apabila mereka sampai di lembah semut berkatalah seokor semut, “Hai semut-semut, masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaeman dan tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari, maka dia tersenyum dengan tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, “Ya Tuhan-ku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugrahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridai dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh.”
Dan dia memeriksa burung-burung lalu berkata, “Mengapa aku tidak melihat hudhud (sejenis burung pelatuk) , apakah dia termasuk yang tidak hadir. Sungguh aku benar-banar akan mengazabnya dengan azab yang keras, atau benar-benar menyembelihnya kecuali jika benar-benar dia datang kepadaku dengan alasan yang terang.”
Maka tidak lama kemudian (datanglah hudhud), lalu ia berkata, “Aku telah mengetahui sesuatu yang kamu belum mengetahuinya dan kubawa kepadamu dari negeri Saba suatu berita penting yang diyakini.
Tidak ada cerita dalam kisah Salomo yang menyebutkan tentang kemampuan manusia berbicara dengan binatang, yang ada adalah, Salomo menulis kitab pujian kepada Tuhan yang isi salah satu baitnya bercerita tentang empat binatang yang terkecil, yaitu semut, pelanduk, belalang, dan cicak. Bait lainnya bercerita tentang empat hal yang gagah jalannya, yaitu singa, ayam jantan, kambing jantan, dan seorang raja. Bahkan di seluruh isi Alkitab tidak ada disebutkan ada manusia yang bisa berbicara dengan binatang hal itu juga tidak mungkin terjadi, karena orang Yahudi memandang Alkitab adalah kitab suci yang harus dihormati sehingga tidak mungkin dicampuradukkan dengan dongeng.

Surat ke-27 : 23-44
Sesungguhnya aku menjumpai seorang wanita (yaitu Ratu Balqis yang memerintah Kerajaan Sabaiyyah di zaman Nabi Sulaiman) yang memerintah mereka, dan dia dianugrahi segala sesuatu serta mempunyai singgasana yang besar.
Aku mendapati dia dan kaumnya menyembah matahari, selain Allah dan setan telah menjadikan mereka memandang indah perbuatan-perbuatan mereka lalu menghalangi mereka dari jalan (Allah), sehingga mereka tidak dapat petunjuk, agar mereka tidak menyembah Allah yang mengeluarkan apa yang terpendam di langit dan di bumi dan yang mengetahui apa yang kamu sembunyikan dan apa yang kamu nyatakan.
Allah, tiada tuhan (yang berhak disembah) kecuali Dia, Tuhan yang mempunyai Arasy yang besar.”
Berkata Sulaiman, “Akan kami lihat, apa kamu benar, ataukah kamu termasuk orang-orang yang berdusta. Pergilah dengan (membawa) suratku ini, lalu jatuhkanlah kepada mereka, kemudian berpalinglah dari mereka, lalu perhatikanlah apa yang mereka bicarakan.”
Berkata ia (Balqis), “Hai pembesar-pembesar, sesungguhnya telah dijatuhkan kepdaku sebuah surat yang mulia. Ssungguhnya surat itu, dari Sulaiman dan sesungguhnya (isi)nya, “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Bahwa janganlah kamu sekalian berlaku sombong terhadapku dan datanglah kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri.”
Berkata dia (Balqis), “Hai para pembesar, berilah aku pertimbangan dalam urusanku (ini) aku tidak pernah memutuskan sesuatu persoalan sebelum kamu berada dalam majelis(ku).”
Mereka menjawab, “Kita adalah orang-orang yang memiliki kekuatan dan (juga) memiliki keberanian yang sangat (dalam peperangan), dan keputusan berada di tanganmu, maka pertimbangkanlah apa yang akan kamu perintahkan.”
Dia berkata, “Sesungguhnya raja-raja apabila memasuki suatu negeri, niscaya mereka membinasakannya, dan menjadikan penduduknya yang mulia jadi hina dan demikianlah pulalah yang akan mereka perbuat. Dan sesungguhnya aku akan mengirim utusan kepada mereka dengan (membawa) hadiah, dan (aku akan) menunggu apa yang akan dibawa kembali oleh utusan-utusan itu.”
Maka tatkala utusan itu sampai kepada Sulaiman, Sulaiman berkata, “Apakah (patut) kamu menolong aku dengan harta? Maka apa yang diberikan Allah kepadaku lebih baik daripada apa yang diberikan-Nya kepadamu, tetapi kamu merasa bangga dengan hadiahmu.
Kembalilah kepada mereka sungguh kami akan mendatangi mereka dengan bala tentara yang mereka tidak kuasa melawannya, dan pasti kami akan mengusir mereka dari negeri itu (Saba’) dengan terhina dan mereka menjadi (tawanan-tawanan) yang hina dina.”
Berkata Sulaiman, “Hai pembesar-pembesar, siapakah di antara kamu sekalian yang sanggup membawa singgasananya kepadaku sebelum mereka datang kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri.”
Berkata ‘Ifrit (yang cerdik) dari golongan jin, “Aku akan datang kepadamu dengan membawa singgasana itu kepadamu sebelum kamu berdiri dari tempat dudukmu, sesungguhnya aku benar-benar kuat untuk membawanya lagi dapat dipercaya.”
Berkatalah seorang yang mempunyai ilmu dari Alkitab, “Aku akan membawa singgasana itu kepadamu sebelum katamu berkedip.” Maka tatkala Sulaiman melihat singgasananya itu terletak di hadapannya, ia pun berkata, “Ini termasuk karunia Tuhanku untuk mencoba aku apakah aku bersyukur atau mengingkari (akan nikmat-Nya). Dan barang siapa yang bersyukur maka sesungguhnya dia bersyukur untuk (kebaikan) dirinya sendiri dan barang siapa yang ingkar, maka sesungguhnya Tuhanku Maha Kaya lagi Maha Mulia.”
Dia berkata, “Ubahlah baginya singgasananya, maka kita akan melihat apakah dia mengenal ataukah dia termasuk orang-orang yang tidak mengenal-(nya).”
Dan ketika Balqis datang, ditanyakanlah kepadanya, “Serupa inikah singgasanamu?” Dia menjawab, “Seakan-akan singgasana ini singgasanaku, kami telah diberi pengetahuan sebelumnya dan kami adalah orang-orang yang berserah diri.”
Dan apa yang disembahnya selama ini selain Allah, mencegahnya (untuk melahirkan keislamannya), karena sesungguhnya dia dahulunya termasuk orang-orang yang kafir. Dikatakan kepadanya, “Masuklah ke dalam istana.” Maka tatkala dia melihat lantai istana itu, dikiranya kolam air yang besar, dan disingkapkannya kedua betisnya.” Berkatlah Sulaiman, “Sesungguhnya ia adalah istana licin terbuat dari kaca.” Berkatalah Balqis, “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah berbuat zalim terhadap diriku dan aku berserah diri bersama Sulaiman kepada Allah, Tuhan semesta alam.”
Di dalam cerita Salomo yang ditulis di dalam Alkitab surat yang ditulis Salomo ditujukan kepada Hiram, raja negeri Tirus bukan kepada ratu negeri Syeba dan dibawa oleh seorang utusan bukan oleh burung. Isi surat meminta bantuan Hiram dalam rangka membangun Bait Suci dan Istana Salomo bukan untuk meminta agar Hiram datang menyerahkan diri kepada Salomo.
Surat Salomo kepada Hiram adalah surat yang bersahabat dan demikian juga kunjungan ratu negeri Syeba dilakukan dalam rangka menjalin persahabatan. Tidak ada kejadian yang ditulis di dalam Alkitab tentang Salomo yang menyangkut ancam mengancam sehingga kata-kata yang tertulis di dalam Alquran, “Kembalilah kepada mereka sungguh kami akan mendatangi mereka dengan bala tentara yang mereka tidak kuasa melawannya, dan pasti kami akan mengusir mereka dari negeri itu (Saba’) dengan terhina dan mereka menjadi (tawanan-tawanan) yang hina dina,”sangat aneh.
Singgasana besar yang dimiliki Salomo dibuat oleh orang-orang atas perintah Salomo dan bukan pemberian dari ratu Syiba dan singgasana itu menjadi salah satu bukti kebesaran Salomo yang juga menunjukkan kecanggihan teknologi yang dikuasainya pada jaman itu.
Alkitab tidak menyebut kolam tetapi malah menyebut “laut” untuk kolam yang dibuat Salomo yang digunakan oleh imam sebagai pembasuh dan kolam itu bukan diletakkan di istana tetapi di Bait Suci. Tidak diceritakan di dalam Alkitab bahwa ratu negeri Syiba masuk ke Bait Suci dan melihat kolam itu karena ratu Syiba hanya dibawa masuk ke istana Salomo.
Jika Sdr. Wawan Susetya memuji kemampuan Muhammad tentang kaca juga tidak tepat, karena kaca baru dibuat dalam lempengan tembus pandang dan digunakan untuk bahan bangunan baru dimulai pada abad ke-11 atau sekitar 2.000 tahun lebih setelah kematian Salomo. Memang sejarah kaca dalam kehidupan manusia sudah dimula sekita 2500 tahun sebelum Masehi atau sekitar 1.500 tahun sebelum jaman Salomo tetapi pada waktu itu kaca baru digunakan sebagai hiasan dan kemudian juga untuk keperluan peralatan rumah tangga dan Alkitab tidak menyebut sama sekali adanya kaca yang digunakan dalam membuat Bait Suci dan Istana Salomo.

Surat ke-34 : 12-14
Dan Kami (tundukkan) bagi Sulaiman, yang perjalanannya di waktu pagi sama dengan perjalanan sebulan dan perjalanan di waktu sore sama dengan perjalanan sebulan (pula) dan Kami alirkan cairan tembaga baginya. Dan sebagian dari jin ada yang bekerja di hadapannya (di bawah kekuasaannya) dengan izin Tuhannya. Dan siapa yang menyimpang di antara mereka dari perintah Kami, Kami rasakan kepadanya azab neraka yang apinya menyala-nyala.
Catatan: Maksudnya: Bila Sulaiman mengadakan perjalanan dari pagi sampai tengah hari maka jarak yang ditempuhnya sama dengan jarak perjalanan unta yang cepat dalam sebulan. Begitu pula bila ia mengadakan perjalanan dari tengah hari sampai sore, maka kecepatannya sama dengan perjalanannya sebulan.
Para jin itu membuat untuk Sulaiman apa yang dikehendakinya dari gedung-gedung yang tinggi dan patung-patung dan piring-piring yang (besarnya) seperti kolam dan periuk yang tetap (berasa di atas tungku). Bekerjalah hai keluarga Daud untuk bersyukur (kepada Allah). Dan sedikit sekali dari hamba-hamba-Ku yang berterima kasih.
Maka tatkala Kami telah menetapkan kematian Sulaiman, tidak ada yang menunjukkan kepada mereka kematiannya itu kecuali rayap yang memakan tongkatnya. Maka tatkala mereka ia telah tersungkur, tahulah jin itu bahwa kalau sekiranya mereka mengetahui yang gaib tentulah mereka tidak tetap dalam siksa yang menghinakan.
Alkitab menyebutkan bahwa Salomo mempunyai banyak kuda dan kereta sehingga bisa ditarik kesimpulah bahwa kendaraan yang digunakan Salomo untuk berpergian adalah kereta. Bahwa dengan menunggang kereta Salomo bisa bergerak cepat mungkin saja terjadi walau hal itu tidak diceritakan dalam kisah asli Salomo. Tetapi bahwa Salomo bisa bepergian dengan menggunakan angin tidak diceritakan sama sekali dan tidak wajar bagi seorang manusia biasa kecuali dalam sebuah dongeng.
Seluruh isi Alkitab baik Perjanjian Baru maupun Perjanjian Lama, jika berbicara tentang Allah adalah Tuhan yang maha kuasa, yang bisa mendatangkan mukjizat dan juga bisa memberi hikmat kepada manusia sehingga apa yang tidak mungkin di tangan manusia bisa mungkin di tangan Tuhan. Hal itu terjadi pada Abraham yang mendapatkan anak dari istrinya Sara yang mandul dan demikian juga yang terjadi pada Salomo, bangunan Bait Suci dan Istana Raja Israel bukan hasil sebuah mukjizat tetapi adalah murni karya manusia yang mendapat hikmat dari Tuhan. Alquran yang menyebutkan bahwa Bait Suci dan segala perlengkapannya dibuat oleh para jin sangat menyimpang dari ajaran tentang Tuhan Yang Maha Kuasa.
Alkitab menceritakan bahwa Salomo mati dengan wajar dan dikuburkan di kota Daud sehingga sangat aneh apa yang ditulis di dalam Alquran bahwa kematian Salomo yang pada waktu itu masih menjabat sebagai raja Israel tidak diketahui orang lain sehingga tongkatnya dimakan rayap.

Surat ke-38 : 30-40
Dan Kami karuniakan kepada Daud, Sulaiman, dia adalah sebaik-baik hamba. Sesungguhnya dia amat taat (kepada Tuhannya). (Ingatlah) ketika dipertunjukkan kepadanya kuda-kuda yang tenang di waktu berhenti dan cepat waktu berlari pada waktu sore, maka ia berkata, “Sesungguhnya aku menyukai kesenangan terhadap barang yang baik (kuda) sehingga aku lalai mengingat Tuhanku sampai kuda itu hilang dari pandangan.”
“Bawalah semua kuda itu kembali kepadaku.” Lalu ia potong kaki dan leher kuda itu. Dan sesungguhnya Kami telah menguji Sulaiman dan Kami jadikan (dia) tergeletak di atas kursinya sebagai tubuh (yang lemah karena sakit), kemudian ia bertobat. Ia berkata,” Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugrahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang jua pun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi.”
Kemudian Kami tundukkan kepadanya angin yang berhembus dengan baik menurut ke mana saja yang dikehendakinya, dan (Kami tundukkan pula kepadanya) setan-setan semuanya ahli bangunan dan penyelam, dan setan yang lain yang terikat dalam belenggu. Inilah anugrah Kami, maka berikanlah ( kepada orang lain) atau tahanlah (untuk dirimu sendiri) dengan tiada pertanggungjawaban. Dan sesungguhnya dia mempunyai kedudukan yang dekat pada sisi Kami dan tempat kembali yang baik.
Memotong leher dan kaki kuda tanpa tujuan yang jelas tentu pekerjaan sadis yang hanya bisa dilakukan oleh orang yang tidak memiliki rasa perikebinatangan dan Alkitab tidak mengajarkan hal itu untuk dilakukan dan karena itu juga memang tidak ada dalam kisah Salomo bahwa ada kuda yang dipotong leher dan kakinya. Apalagi pemotongan itu menyebabkan Salomo sakit dan yang diceritakan dalam Alkitab adalah Salomo yang jaya yang diberkati Tuhan sehingga negeri yang diperintahnya bisa hidup dalam kemuliaan dan Salomo yang diberkati Tuhan hidup sehat sampai ajal menjemputnya.

27 komentar:

ihsan mengatakan...

kalo dilihat dari redaksinya judul di atas sala, bukan "Memahami Perbedaan Islam dan Agama Lain"
kayanya lebih tepat : "Menyangkal Alqur'an dengan menggunakan Alkitab.

yg nulisnya berfihak pada Alkitab.

ihsan mengatakan...

“Kisah Salomo yang ditulis orang Yahudi tidak menyinggung sama sekali tentang setan dan pada jaman itu tampaknya bangsa Israel tidak mengenal setan. Jika mereka mendapat kesusahan mereka tidak menuduh bahwa kesusuahan itu karena ulah setan tetapi mereka percaya bahwa kesususahan yang harus mereka hadapi adalah perbuatan Tuhan, yang marah karena mereka melakukan kesalahan kepada Tuhan.”
Itu adalah keterbatasan pengetahuan dan keimanan orang yahudi tentang tentang alam dan mahluk gaib. Bukankah setan itu benar2 ada ?.
“kesususahan yang harus mereka hadapi adalah perbuatan Tuhan, yang marah karena mereka melakukan kesalahan kepada Tuhan.”
Kenapa Tuhan harus marah sedangkan kesalahan mereka dan kita perbuat tidak akan merugikan Tuhan.

ihsan mengatakan...

“Tidak ada cerita dalam kisah Salomo yang menyebutkan tentang kemampuan manusia berbicara dengan binatang………….. Bahkan di seluruh isi Alkitab tidak ada disebutkan ada manusia yang bisa berbicara dengan binatang hal itu juga tidak mungkin terjadi, karena orang Yahudi memandang Alkitab adalah kitab suci yang harus dihormati sehingga tidak mungkin dicampuradukkan dengan dongeng.”

Pernyataan di atas menunjukan pengetahuan pengetahuan penulis cerita dan penulis Alkitab tentang ke Maha kuasaan Tuhan dan ke Agungan Manuasia Yang di Agungkan Tuhan. Kalo Tuhan sudah berkehendak seorang hamba yang di agungkanNYA untuk mengerti bahasa binatang dan bahasa mahluk gaib, Apa yg tidak mungkin bagi Tuhan ??
Apakah di golongkan orang beriman jika menganggap satu mukjijat di sebut dongeng?
Menurut saya ini hanyalah pandangan seorang manuasia yang jauh dari Tuhannya dan tidak tahu akan kekuasaan Tuhannya.

ihsan mengatakan...

…“Di dalam cerita Salomo yang ditulis di dalam Alkitab surat yang ditulis Salomo ditujukan kepada Hiram, raja negeri Tirus bukan kepada ratu negeri Syeba dan dibawa oleh seorang utusan bukan oleh burung. Isi surat meminta bantuan Hiram dalam rangka membangun Bait Suci dan Istana Salomo bukan untuk meminta agar Hiram datang menyerahkan diri kepada Salomo.”…
Tidak ada kisah bahwa Nabi Sulaiman AS. Hanya menulis satu surat. Bilqis dan Hiram adalah orang yg berbeda. Tirus dan Syaba adalah negri yg berbeda pula, kalo isi/maksud surat dan pengantar surat kepada Ratu Bilqis dan raja Hiram berbeda apa masala dan anehnya?
Kalo di didalam alkitab tidak tertulis kisah Nabi Sulaiman As. Dengan ratu bilqis bukankah itu menunjukan kekurangan Alkitab dan penulis Alkitab ?

…“Surat Salomo kepada Hiram adalah surat yang bersahabat dan demikian juga kunjungan ratu negeri Syeba dilakukan dalam rangka menjalin persahabatan. Tidak ada kejadian yang ditulis di dalam Alkitab tentang Salomo yang menyangkut ancam mengancam sehingga kata-kata yang tertulis di dalam Alquran “..
Penulis sendiri pasti tidak mengetahui dan pasti tidak pernah membaca teks surat yang asli Nabi Sulaeman As./ Raja Salomo. Dan kita tidak tahu kepada siapa aja Sulaeman As./ Raja Salomo mengirim surat. Kalo pun ada perbedaan antara Pandangan Alqur’an dengan Alkitab tentang masalah tersebut itu merupakan suatu kewajaran karena Alqur’an dan Alkitab berasal dari sumber yg berbeda. Yg percaya kpd Alkita tidak bisa menyalahkan isi Alqur’an dan begitu pula sebaliknya sebelum menemukan dan membaca teks yg aslinya.
,.. “Kembalilah kepada mereka sungguh kami akan mendatangi mereka dengan bala tentara yang mereka tidak kuasa melawannya, dan pasti kami akan mengusir mereka dari negeri itu (Saba’) dengan terhina dan mereka menjadi (tawanan-tawanan) yang hina dina,”sangat aneh…

Kita tidak hidup pada zaman itu dan kita tidak pernah mengaksikan kondisi peradaban masa itu. Berapa ribu tahun zaman Sulaeman As./ Raja Salomo sampai sekarang ? kalo kita merasa aneh dgn cara dan peradaban zaman tersebut itu wajar saja, namun kita harus berani mengakui itulah kekurangan kita yg sangat serba terbatas.

ihsan mengatakan...

…“Singgasana besar yang dimiliki Salomo dibuat oleh orang-orang atas perintah Salomo dan bukan pemberian dari ratu Syiba dan singgasana itu menjadi salah satu bukti kebesaran Salomo yang juga menunjukkan kecanggihan teknologi yang dikuasainya pada jaman itu.”…
Tidak ada di dalam Alqur’an yg menceritakan bahwa singgasana besar yang dimiliki Salomo pemberian dari ratu Syiba, mungkin disini PENULIS salah mencerna kisah :
…., “Hai pembesar-pembesar, siapakah di antara kamu sekalian yang sanggup membawa singgasananya kepadaku sebelum mereka datang kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri.”……… Berkatalah seorang yang mempunyai ilmu dari Alkitab, “Aku akan membawa singgasana itu kepadamu sebelum katamu berkedip.” Maka tatkala Sulaiman melihat singgasananya itu terletak di hadapannya, ia pun berkata, “Ini termasuk karunia Tuhanku untuk mencoba aku apakah aku bersyukur atau mengingkari (akan nikmat-Nya).”..

di ambilnya singgasana Bilqis bukanlah utk di pakai oleh salomo, melainkan hanya utk membuktikan Kebesaran Tuhannya dan kehebatan manusia yg telah di agungkan tuhannya.

Unknown mengatakan...

Ngawor penulis ini, kalo tidak faham akan alqur`an mbok yo wis gak usah nulis kisah yg seperti diatas, wong yo nyatane, inti critane kamu iku orang kafirrrrrrrrrr kok, makanya kalo mikir itu pake otak, jangan pake dengkul, kalo kamu caa mikirnya pake dengkul yo, tentu nabi sulaiman atau salomo itu pas pasan, tapi kalo kamu mikirnya pae otak yo, kamu mestine yakin, nyatane ada angin, terus seperti apakah bentuk angin itu. itu juga suatu bukti mu`jizat allah, yg tidak manusiawi, tetapi haqulillah. dan manusia sepertimu memang bener bener ol.......

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Agamaku agamaku, agamamu agamamu
Tuhanku YESUS KRISTUS ada bersamaku karna Dia Imanuel, Tuhanku tidak ada disuatu tempat, tapi Dia ada dalam hatiku, dan Dia tidak pernah menyuruh aku untuk pergi kesuatu tempat hanya untuk menyembah Dia, bahkan Dia tidak akan pernah menjadikan itu suatu keharusan.
Jadi aku bersyukur menjadi hambaNya,
karna Tuhan YESUS tidak sedikitpun mengajarkan kekerasan karana Dia Raja Damai,
karna Tuhanku tidak disembah setan, jin ato yg lain,
karna Tuhanku mengerti semua bahasa manusia dalam setiap doa yang dilantunkan bukan bahasa yahudi ato bhs arab aja
karna Tuhanku aku terlepas dari tipu2 yang hanya untuk menghabiskan uang kesuatu tempat hanya untuk menyembah sesuatu yang tidak jelas,
karna Tuhanku tidak memberikan aturan2 spt yg ada di islam, semua diatur, tapi kenyataannya tak seorangpun bisa melaksanakannya, aturan dari yg sehari2 masuk rumah dengan kaki kirilah kaki kananlah, sampe2 hub intim beginilah begitulah
dan aku bersyukur karna diajarkan bahwa pernikahan itu hanya 1x dan hanya kematian yang dapat memisahkannya, bukannya lelaki bisa mempunyai istri bbrp istri, emank maniak sek?
oh ya saya punya pertanyaan 'kenapa sih koq sekolah2 berbasis islam sering mengalami kerasukan masal'
'kenapa kalo ada artis islam masuk KRISTEN koq heboh sedunia akhirat, padahal kalo artis KRISTEN masuk islam g ada yang ngurus, emang kekurangan umat ya CPD'
@ ihsan prihatin kalo quran tidak dianggap suci
@ suka sejarah kafir itu apa sih, tau gak....http://dariislam.blogspot.com/2010/08/makna-kata-kafir-kutipan.html tuh ref'nya

Unknown mengatakan...

saya jadi aneh pada kalian teman.bukan memihak ini itu.tp logika la dulu kita.apa mungkin tradisi keluarga kalian turun temurun dr dulu tp orang lainlah yg lebih tau dibanding kalian.pastinya kalian dan keluarga kalian bukan.sama halnya ngak Mungkin orang arab lebih tau cerita salomo atau si sulaiman itu dr pada orang israil.krn salomo atau si sulayman itu adanya ditengah mereka bukan di arab.mereka yg hidup bersama si sulaiman.kenapa alquran menjadi lebih tau dr pada orang israil.kan aneh ngak logika.itu teman semunya.sekian

Toko wayang sanggar arya mengatakan...

Gini bro sipenulis ini sebenernya mau memuliakan nabi sulaiman atau king of solomo dari kisah2 diluar nalar manusia padahal karena ulahnya sendiri kita bisa lihat dia menghina nabi sulaiman atau king solomo karena alkitab tidak pernah mengakui king of solomo atau sulaiman adalah nabi maka semua mukzijat kenabiannya sulaiman gak bakal kita temuin didalam alkitab!!!
Kita lebih pecaya alquran itu bukan dongen apa yang dikatakan alquran adalah benar fakta bahwa setan jin angin hewan semua pernah takluk dikekuasaan sulaiman. Ini mukzijat besar bahkan sejak sd saya fans berat nabi sulaiman.pernah terpikir waktu kecil dulu kenapa mukzijat nabi sulaiman sangat hebat? Jawabnya saya sudah dapati hari ini karena dari zamannya sulaiman bangsa israel tidak mengakuinya sebagai nabi. Kenapa Israel tidak membunuh nabi sulaiman kalo gk percaya? Jawabannya karena mereka tidak sanggup !!!!
Alkitab juga membahas kalo sulaiman kafir saya lupa pasal apa tapi sampai saat ini saya masih ingat klo dalam alkitab solomo mau ngasih makan makhluk laut tapi dia tidak sanggup pokoknya gitu dech coba tanya mbah google klik begini "alkitab menuduh sulaiman kafir"
Pasti kebuka!!!
Cuma alquran yang mengagungkan para nabi sedangkan alkitab adalah berisi hinaan kepada para nabi.

Toko wayang sanggar arya mengatakan...

1.tuhan yesus dimana2? Gak salah mas bukannya yesus diyerusallem agama kristen kan percaya kuburan yesus diyerusallem? Yang percaya yesus gk pernah mati dan gak pernah dikubur cuma islam coba tanya pastur dimana yesus dikubur? Terus tanya ustad dimana kuburan nabi isa as? Baru kau akan sadar siapakah yang akan bersama yesus dalam kerajaan sorga.
2. Yesus gak pernah ngajarin perang kita juga tahu mas kita setuju karena yesus raja tanpa bala tentara bener gak? Hae hae terus perang salib berarti itu bukan agama yesus donk wkwkwkwk. Dari dulu sejarah islam berperang adalah memperjuangkan haknya beda sama sejarah perang salib atau perang dunia 1 kita juga bangsa indonesia jadi korban perang salib loh. Sadar belom baca yang banyak ya biar pinter
3.mas siapa bilang jesus bisa bahasa apa aja hahahaha emang jesus bisa bahasa jawa? Ngibul loe mas yang kita tau awal bible yang dikumpulin itu bermacam-macam bahasa tapi yang digunakan jesus cuma satu bahasa aneh ni si mas baca dari mana klo jesus paham bahasa lain selain bahasanya mungkin bahasa yunani jesus paham saya tanya jesus paham bahasa indonesia gak klo paham ente pendusta besar bahasa indonesia kan bahasa baru hahahaha sekali lagi kan kuburan jesus kata pastur ada di jerusalem kapan dia belajar bahasa indonesia. Hmmmzzz wedan
4.klo tuhan loe gak mau disembah jin terus jin diciptain buat apa? Masa cuma buat disiksa? Islam mah adil mas jin manusia sama2 ditugaskan menyembah allah yang amalnya baik masuk surga yang amalnya buruk masuk neraka.
5-kata siapa jesus gak ngajarin? Loenya aja kali yang belum belajar.apapun yang dilakukan jesus semasa hidupnya itulah pelajaran.ngaku cinta jesus apapun yang dilakukan jesus semua atas kehendak allah.dalam islam setiap kali ada perbuatan dimulai dengan niat karna allah dengan kalimat bismillah artinya dengan nama allah.huft
6-sekali lagi salah tuh jesus itu gak pernah menikah jadi atas dasar cerita dari mana klo kristen mengajarkan nikah itu satu kali? Klo kalian cinta dan mengikuti jesus ya jangan nikah donk.islam itu tidak pernah diajarkan menjadikan nikah sebagai perantara kepuasa. Namun nikah hanya sunnah namun harus!!! Manusia mana yang gak mau nikah kecuali normal? Nikah banyak2 diperbolehkan dengan sarat demi kemaslahatan. Banyak contohnya seperti menghindari zinah jesus juga gak suka sama namanya zinahkan trrus menikahi janda2 demi menghidupi anak2 agar tidak terjadi dosa ptostitusi dll.
Yang jelas islam mengajarkan menikah monogami dan memperbolehkan poligami dengan syarat dan menggaramkan poliandri oc.banyak belajar islam sebelum menghujat islam oc.
7.masalah kerasukan ya mas jawabanya gampang mas karena islam percaya akan adanya syetan yang nyata maupun yang ghoib bahkan kami menjadikan syaitan sebagai musuh yang nyata ya mungkin karena musuh makanya mereka menyerang kami baik fisik maupun jiwa beda halnya dengan anda hehehe mungkin anda temannya jadi buat apa ganggu teman wkwkwk.
Owh ya kau ni gak penah nonton film keluara. Negara2 berbasis kristen ya bantak juga tau yang menyinggung tentang kerasukan ni saya kasih tau film2nya biar buka wawasan anda jadi gak akan mengajukan pertanyaan2 yang memalukan lagi
-11/11/11
-the haunting
-the horsemen
-dont be affaraid of the night
-dll
Masih banyak lah cari sendiri ditoko kaset ya hehehe
-8 mas kalian tau kan ini negara mayoritas agama islam ya bakal hebohlah klo muslim jadi murtad kan ni negara banyaknya orang muslim hahaha contoh orang kristen masuk islam mau gmn heboh di lingkungan saya aja orang kristen cuma 5 kelapa keluarga ya paling heboh dirumah merka aja hehehe.
Ya udahlah saya paham kalian mencintai jesus tapi saya ingatkan anda untuk banyak berfikir apakah yang kalian lakukan tidak menyakiti jesus?
Jesus adalah nabi ku sama seperti nabi muhammad saya menghormatinya karena kami muslim tidak pernah membeda-bedakan para nabi.
Amin

Toko wayang sanggar arya mengatakan...

Negara arab yang dimaksud yang mana ni? Negara arab sekarang kan luas coba buka wawasan anda mesir aja sekarang kan negara arab padahal dulu israel adalah budak dari orang mesir oc mungkin yang anda maksud mekkah tempat turunnya alquran.
Oc solomo adalah orang israel siapa yang berani jamin klo yang dikisahkan alkitab itu benar?
Kalo kami pasti jamin kebenaran alquran boz
Lagian kisah solomokan adanya di pl alias perjanjian lama perjanjian baru tidak membicarakannya berarti itu pure pemahaman orang israel yang banyak membenci para nabi hahaha.seharusnya kalian berpikir lebih jernih mau ikut orang arab yang menjaga kesucian para nabi atau orang israel israel yang suka membunuh para nabi?
-ingat sekali lagi jesus kalian mati gara2 siapa2 hehehe bosen denger alesan penebusan dosa liat yang konkrit israel cinta jesus gak? Bandingkan dengan nabi muhammad yang orang arab sangat menghormati patung jesus dqn bunda maria ketika penaklukan ka'bah.
coba pikirrrrr mateng2 dengan otak yang pinter
Bener mana quran apa alkitab ketika membicarakan para nabi?

Unknown mengatakan...

Boleh kasih perumpamaan ya, mana yang lebih ada percaya cerita kepahlawanan jendral Sudirman yang di tulis bangsa Indonesi atau cerita jendral Sudirman yang di tulis oleh orang Malaysia, Alkitab di tulis orang Israel dan Alquran ditulis orang Arab, sedangkan Salomo/Sulaiman adalah raja Israel, silahkan di pilih....

Unknown mengatakan...

Boleh kasih perumpamaan ya, mana yang lebih ada percaya cerita kepahlawanan jendral Sudirman yang di tulis bangsa Indonesi atau cerita jendral Sudirman yang di tulis oleh orang Malaysia, Alkitab di tulis orang Israel dan Alquran ditulis orang Arab, sedangkan Salomo/Sulaiman adalah raja Israel, silahkan di pilih....

Unknown mengatakan...


"Kalo kami pasti jamin kebenaran alquran boz"
"orang israel siapa yang berani jamin klo yang dikisahkan alkitab itu benar?"

@Shazam memberi bantahan tanpa dasar.khas sekali

sorao mengatakan...

HAHAHHA GW CMN KASITAHUIN AJA REALITA RAJA SULEMAN DAN RAJA SALOMO SAMA AJA CUMAN YANG MEMBEDAKAN HANYA ISTILAH AGAMA MUNGKIN AGAMA ISLAM TIDAK MAU MENGIKUTI JADI DIBEDAKAN.Saya HANYA BISA BERBICARA REALITA KAU BISA AGAMA MU BENAR TAPI KOK PENJABAT.APARAT.DAN PENEGAK AJA KORUPSI ITU MASIH BISA DIAMPUNI? EMANG SIFAT ALLAH SWT BISA MENGAMPUNI?PENGIKUTNYA AJA SUKA BALAS DENDAM !

Borobudur Saba Salomo mengatakan...

Muhammad yg anda sebut gak gitu...

Al Quran yg bikin bikin bukan Muhammad sperti yg anda maksud...salah...

Mau tau lebih jauh ttg Borobudur lihat video you tube saya dech...

Borobudur Saba Salomo mengatakan...

Muhammad yg anda sebut gak gitu...

Al Quran yg bikin bikin bukan Muhammad sperti yg anda maksud...salah...

Mau tau lebih jauh ttg Borobudur lihat video you tube saya dech...

펜출핱 mengatakan...

1. Yesus selalu berada di hati orang yang percaya pada-Nya :) Yesuz itu telah mati dan disalibkan, dimakamkan, dan bangkit pada hari ketiga. Kuasa Allah luar biasa bukan? :)
2. Aku ga peduli sih tentang istilah apalah itu yang disebut orang2 dengan Agama. Aku menyebutnya Kepercayaan :)
3. Menurut lo, org yg ga bisa ngomong itu, cara komunikasinya gimana? Dia tau semuaaaa bahasa. Bahkan kau bergerak pun, Dia paham artinya
4. Setiap ciptaan pasti ada tujuannya kok :)
5. semua memang memiliki aturan kok. Hukum taurat. Kalo gatau coba belajar. Tapi sebagai manusia, KAMI diberikan kehendak bebas memilih melakukannya apa tidak. Dan coba untuk belajar lagi minimal dari Alkitab apa aja yang baik/harus dilakukan pengikut-Nya atau yang biasa kalian sebut sunnah, wajib, atau apalah itu.
6. Bukannya apa, lo nikah ngindarin otak kotor doang? Wkwk.serendah itukah? KAMI juga dikatakan untuk beranak cucu dan memenuhi bumi, yg artinya berkembangbiak/nikah kok. Harus setia, karna dikatakan mereka, dua org yg telah dipersatukan), hanya boleh dipisahkan oleh maut. Sekali lagi, kalau ada yang melanggarnya, itu sesuai kehendak bebas yang diberikan :)
7.fiksi? Hehehe. Bukan masalah kerasukan, setan, apa gimana. Tapi besarnya Iman yang dimikili. Kalo Iman lo besar, lo ga bakal gitu kok. Hehe :) *iman pada Siapa dulu ya? *ups
8. Mau seluruh dunia muslim juga, gue percayanya sama ke-Trinitas-an Tuhan gue :)

Hellen Kenko mengatakan...

Saling menyerang padahal semua ini org indonesia bukan org arab dan org yahudi...klo gk ada kitab taurat dan injil gk akan ada alquran...krn alquran di turunkan untuk membuktikan kitab taurat dan injil itu benar adanya karena itu menjadi sempurna..gk usah berdebat,,masing2 kita byk2 lah berdoa aga Yang Maha Kuasa memberikan petunjuk ke jalan yg benar..anda sxn tau sifat setan itu dlh penghasut dn pemarah meosian jg sering menyindir..hati2 lho membelah agama msg2 silahkan tp tlg ucapan tulisan jgn slh menghina, itu adl dosa! Sabar doakanlah bagi mereka yg blm mengerti dn memahami pasti Tuhan kasih jalan keluar..

Unknown mengatakan...

Semua orang tahu bahwa Isa datang untuk orang yahudi, namun sampai saat ini orang yahudi di israel tidak pernah ngaku dan percaya isa tuhan, mengapa demikian......

Unknown mengatakan...

Percaya trinitas? Cacat logika lo?
Yesus gapernah nyatain tuhan yesus gapernah nyuruh umatnya untuk menyembahnya dan dan yesus bilang kalo dia diutus oleh bapanya,masih percaya trinitas? Alasan konyol untuk menuhankan yesus
Udh banyak ayat dibibel nyinggung kalo dia diutus oleh yang diatas

Unknown mengatakan...

W

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

untuk Mahesa Khan, kami tidak cacat logika, kami membaca, memahami, dan menghayati isi Alkitab, tolong dibaca dibawah ini beberapa kutipan alkitab yang menjelaskan tentang ketritunggalan Allah:

"Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus" (Mat 28:19)

Yesus berkata : "Aku dan Bapa adalah satu" (Yoh 10:30)

"Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa" (Yoh 14:9)

"Dan barangsiapa melihat Aku, ia melihat Dia, yang telah mengutus Aku" (Yoh 12:45)

Unknown mengatakan...

untuk Mahesa Khan, kami tidak cacat logika, kami membaca, memahami, dan menghayati isi Alkitab, tolong dibaca dibawah ini beberapa kutipan Alkitab yang menjelaskan ketritunggalan Allah:

"Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus" (Mat 28:19)

Yesus berkata : "Aku dan Bapa adalah satu" (Yoh 10:30)

"Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa" (Yoh 14:9)

"Dan barangsiapa melihat Aku, ia melihat Dia, yang telah mengutus Aku" (Yoh 12:45)